HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.204.227.117
Pengunjung : 1.720.444


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Karya Misterius Sang da Vinci


Minggu; 05 April 2020 [Tim Kehumasan, SMP TARAKANITA 2 JAKARTA] - Artikel Umum

Karya Misterius Sang da Vinci

(Ulasan Lukisan karya Clarissa Aurellia)

     
     Leornado da Vinci merrupakan seorang pelukis, pemahat, arstitek, penemu, penulis, dan musisi yang berasal dari Provinsi Firenze, Italia. Ia memiliki beberapa lukisan yang terkenal seperti “Mona Lisa”, “The Last Supper” ( Perjamuan Terakhir ), dan “The Vitruvian Man”. Namun,  salah satu lukisan yang menurut saya paling menarik dan berkesan yaitu lukisan “Salvator Mundi” yang dilukis menggunakan cat minyak dengan ukuran 66cm x 45cm dan memiliki makna yaitu Juru Selamat Dunia atau Yesus Kristus.

     Lukisan tahun 1500 yang dikenal dengan nama “Salvator Mundi” ini merupakan salah satu lukisan paling langka dari 20 karya yang di buat oleh da Vinci. Lukisan ini baru ditemukan pada tahun 2005 setelah hilang selama bertahun-tahun. Lukisan ini dibeli oleh Putra Mahkota Arab Saudi, yaitu Pangeran Mohammed bin Salman pada tahun 2018 dengan harga yang cukup fantastis yaitu US$ 450.000.000 atau Rp 6,5 triliun di rumah lelang Christie’s. Sejarah penemuan lukisan ini memang misterius, bahkan lukisan ini sebelumnya pernah ditemukan oleh Raja Charles 1 dari Inggris.

     Menurut pakar, lukisan ini tampak jelas ditimpa beberapa kali lukisan dan dengan cara berkali – kali mengikis lukisan yang meninmpanya. Para ilmuwan telah memcahkan misteri bagaimana bola kaca atau kristal ini tidak menunjukkan tanda pembiasan atau pantulan cahaya. Para ilmuwan mengatakan bahwa da Vinci menyadari cara bola berlubang akan menghancurkan garis lurus yang melewatinya dan menemukan bahwa bola-bola kaca berlubang adalah umum dalam lukisan pada zaman itu, itulah sebabnya mengapa da Vinci dapat melukis bola berlubang yang sangat akurat.

     Banyak yang berkata bahwa lukisan “Salvator Mundi” ini sama sekali tidak menarik karena hanya berupa gambar sang Juru Selamat, yaitu Yesus Kristus yang sedang memegang bola kaca di tangan kirinya. Namun di dalam lukisan tersebut terdapat lukisan dasar yang dibuat langsung oleh tangan da Vinci sendiri. Banyak yang beranggapan bahwa orang yang suka menghabiskan uang demi sebuah karya seni tidak mampu berpikir logis. Sebenarnya, karya seni baik itu lukisan, patung, lagu, puisi dan music memiliki nilai seni yang berbeda – beda dan keunikan masing – masing.

     Dari lukisan ini, da Vinci ingin menyampaikan bahwa arti lukisan ini menggambarkan sang Yesus Kristus, Juru Selamat yang dijanjikan Tuhan menurut ajaran Kristiani yang memberikan pertolongan serta keselamatan bagi seluruh umat di bumi dan bola yang dipegang oleh Yesus  merupakan simbol perumpamaan bentuk Bumi. Pelukis menggunakan warna dengan cukup baik, ia mampu mengolah suatu karya dengan unik sehingga mampu membuat penikmat lukisan penasaran dengan makna sebenarnya dari lukisan tersebut meskipun warna asli dari lukisan ini sudah pudar dan ditambal dengan warna-warna baru. Garis dan pola yang dibentuk juga sangat rapi dan teratur, meski tidak terlihat secara langsung.

     Karena lukisan ini bertema ajaran suatu agama, membuat lukisan ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri, yaitu memberikan pemahaman agar manusia selalu mendekatkan diri pada dengan agama yang dianut dan sadar bahwa kita harus bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Meski lukisan ini menekankan nilai agama, tetapi lukisan ini juga memiliki kelemahan. Lukisan ini menggambarkan tokoh agama Kristiani sehingga penikmat lukisan yang memiliki kepercayaan lain kurang memahami maksud ajaran agama tersebut.

     Menurut pendapat saya, sebaiknya pelukis memilih tema lukisan yang bersifat umum sehingga tidak menimbulkan perbedaan suatu pemahaman atau rasisme. Namun pada dasarnya lukisan merupakan karya seni yang dapat dinikmati oleh khalayak umum, karena lewat sebuah seni, seseorang dapat berekspresi sesuai dengan imajinasinya sendiri.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :