HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.237.94.109
Pengunjung : 1.771.812


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Kesetiaan Terhadap Puisi


Kamis; 09 April 2020 [Tim Kehumasan, SMP TARAKANITA 2 JAKARTA] - Artikel Umum

Kesetiaan Terhadap Puisi
(Ulasan Puisi karya Ignatius Febrian Waka)

 

Identitas Karya:
Judul  Puisi    : Dengan Puisi Aku
Penyair         : Taufiq Ismail

     Puisi ini merupakan karangan dari penyair besar Indonesia, yaitu Taufiq Ismail. Puisi yang berjudul “Dengan Puisi Aku” terdiri dari 12 baris. Puisi ini menyiratkan makna yang amat dalam. Puisi ini berhasil membawa banyak amanat yang terdapat pada puisi tersebut.

     Puisi ini berisi curahan hati penyair yang akan terus menulis puisi hingga menua. Di dalam puisi ini penyair juga menjelaskan bahwa dirinya berdoa, memprotes, menangis, dan bersyukur melalui puisi. Selain itu, puisi ini mewakilan perasaan penyair dalam menjiwai puisi.

     Makna dari puisi ini adalah mengungkapkan tentang perasaannya tentang kehidupan melalui puisi. Kata kunci puisi ini adalah dengan puisi aku. Kata inti puisi ini adalah aku. Rima dari puisi ini adalah a-a-b-b. Nada dari puisi ini adalah kharismatik.

     Berdasarkan puisi yang dibuat oleh Taufiq Ismail, pembaca dapat merasakan bahwa sang penyair setia terhadap puisi. Hal ini membuktikan bahwa penyair mampu mengemas puisi tersebut dengan baik meskipun pada beberapa bagian terdapat kesan yang melebih-lebihkan. Terlepas dari kelemahan tersebut, puisi ini tetap memberi semangat, terutama kepada penyair-penyair lain, yaitu meskipun usia terus bertambah, tetapi jangan pernah berhenti untuk berkarya.

      Karena ditulis berdasarkan peristiwa-peristiwa yang pernah dialami oleh penyair, maka dalam puisi tersebut kata “aku” merupakan sang penyair. Di dalam puisi ini penyair mengungkapkan bahwa ia akan terus menulis puisi hingga menua.

      Negeri ini sangat membutuhkan  penyair-penyair muda  di tengah banyak usia penyair-penyair yang sudah tua. Banyak orang yang tak mau menjadi penyair karena menganggap bahwa menjadi penyair itu susah. Jangan sampai berbagai karya yang dihasilkan oleh penyair punah karena tak ada orang yang mau menjadi penyair. Kita harus melestarikan karya-karya yang dihasilkan oleh para penyair agar tidak punah.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :